Thursday, 24 May 2012 | 08:10:08 WIB

KOTA, (KP).-
Kepala Dinas PPKAD (Pengelolaan Pendapatan dan Keuangan Daerah) Kab. Sumedang, H. Zaenal Alimin, mengambil formulir pendaftaran Bakal Calon (Balon) Bupati Sumedang ke Sekretariat DPC PDIP di Jl. Cut Nyak Dhien, Rabu (23/5) sekitar pukul 12.00.
Zaenal Alimin alias ZA ini mengaku serius untuk mengikuti pencalonan Bupati Sumedang setelah mendapat kepercayaan dari Bupati Sumedang, H. Don Murdono, yang juga Ketua DPC PDIP Kab. Sumedang.
“Ini untuk membuktikan keseriusan saya mengikuti pencalonan Bupati Sumedang setelah mendapat kepercayaan dari Pak Don selaku Ketua DPC PDIP,” kata ZA, kemarin.
Namun, karena serius itulah, ZA sebenarnya terkecoh soal jadwal waktu pendaftaran, karena menyangka pengambilan formulir berakhir hari Rabu pukul 15.00, sehingga ketika sedang berada di Bandung ZA buru-buru kembali ke Sumedang.
“Saya sempat terkecoh, karena menyangka pengambilan formulir berakhir pukul 15.00 hari ini, padahal setiap hari pendaftaran sampai pukul 3 sore hingga 31 Mei,” kata pria kelahiran Desa Sukaratu, Kec. Darmaraja, 1 Februari 1959 ini.
Meskipun ZA sudah dipercaya oleh Ketua DPC PDIP Sumedang, namun Zaenal masih harus menunggu rekomendasi dari DPD PDIP Jabar dan DPP PDIP. “Apapun hasilnya saya siap menerima rekomendasi dari DPD PDIP dan DPP PDIP tersebut,” kata putra ke-8 dari 11 bersaudara anak pasangan Ajengan Abdul Hamid dan Ny. St. Sodiqoh ini.
ZA mengatakan, dirinya kalah jauh dari kepopuleran H. Don Murdono sewaktu mencalonkan Bupati Sumedang periode kedua.
“Pak Don Murdono sempat mengatakan bahwa dirinya harus berjuang sembilan kali lipat dibanding beliau yang incumbent sudah populer,” kata PNS yang sudah 26 tahun bekerja dengan berbagai jabatan yang dipangkunya.
Dirinya mengakui memang pencalonan dirinya itu sepertinya “Ujug-ujug” bila dibanding dengan yang lain. “Saya sekitar tiga minggu yang lalu mengklarifikasi kepada Pak Bupati dan ternyata saya dipercaya oleh beliau. Sebelumnya saya tidak terlintas untuk mencalonkan dan saya belum pernah terlibat di dunia politik, tetapi dari dulu saya mengagumi sosok Bung Karno,” kata suami dari Ny. Ani Gestafiani dan ayah dari Mukti Mustahirin Bilhaq dan M. Mugni Mijahid Bilhaq ini.
Setelah ZA menyatakan akan mencalonkan Bupati Sumedang kini di Sumedang ada tiga birokrat mencalonkan Bupati. Namun demikian, kata ZA, dirinya tidak merasa canggung dalam bekerja bila harus berhadapan dengan Sekda H. Atje Arifin dan Kedisdik H. Sanusi Mawi.
“Ah saya tidak menjadi kendala dalam bekerja karena saya tidak mencampurbaurkan tugas sebagai PNS dan kepentingan politik,” kata ZA lagi. E-16***

Sumber : Kabar Priangan