Penyusunan RPJM Desa Cilayung sebagai langkah awal yang dilakukan Pemerintahan Desa Cilayung bersama-sama Masyarakat secara partisipatif sehingga pedoman program kerja Pemerintah Desa bersama Lembaga-lembaga tingkat Desa dan seluruh warga masyarakat Desa Cilayung maupun para pihak yang berkepentingan. RPJM Desa adalah pedoman program kerja untuk masa lima tahun. RPJM Desa sebagai pedoman program kerja untuk masa lima tahun merupakan turunan dari sebuah cita-cita yang ingin dicapai dimasa depan oleh segenap warga masyarakat desa Cilayung. Cita-cita masa depan sebagai tujuan jangka panjang yang ingin diraih Desa Cilayung, merupakan arah kebijakan dari RPJM Desa yang dirumuskan setiap lima tahun sekali. Cita-cita masa depan desa Cilayung disebut juga sebagai Visi Desa Cilayung.Visi Desa Cilayung disusun dari rangkaian panjang diskusi-diskusi formal maupun informal dengan segenap warga Cilayung atau tokoh-tokoh masyarakat sebagai representasi dari warga masyarakat Cilayung. semakin mendekatkan Visi desa Cilayung dengan kenyataan yang ada di desa dan masyarakat. Kenyataan yang dimaksud baik merupakan potensi, permasalahan maupun hambatan yang ada di desa dan masyarakatnya, yang ada pada saat ini maupun kedepan.Bersamaan dengan penetapan RPJM Desa Cilayung, dirumusan dan ditetapkan juga Visi Desa Cilayung :
Desa Cilayung Harus maju dan berkembang menjadi desa yang mandiri dan mempunyai jati diri yang islami, mampu memenuhi kebutuhan hidup secara layak dan bertumpu dalam bidang pertanian serta penguatan ekonomi kerakyatan. Meningkatkan Pembangunan Bidang Fisik untuk kenyamanan dan kelayakan hidup masyarakat.
Dalam meraih Visi desa Cilayung seperti yang sudah dijabarkan diatas, dengan mempertimbangkan potensi dan hambatan baik internal maupun eksternal. Maka disusunlah Misi Desa Cilayung:
  • Membangun dan mendorong majunya bidang pendidikan baik formal atau non formal yang mudah diakses dan dinikmati seluruh warga masyarakat tanpa terkecuali.
  • Mengembangkan dan membangun sistem pemerintahan desa yang profesional,efektif dan efisien.
  • Memperkuat sumber-sumber ekonomi rakyat dan kelembagaan ekonomi masyarakat.
  • Membangun infrastruktur perdesaan untuk industrialisasi pertanian
  • Mengembangkan dan membangun sistem pendidikan yang berbasis kompetensi
  • Mengembangkan pelayanan kebutuhan dasar masyarakat seperti pendidikan,kesehatan,dan tempat tinggal.
  • Mengembangkan solidaritas antar tokoh masyarakat dan semua komponen masyarakat untuk membangun desa yang berlandaskan moral serta menjunjung tinggi nilai-nilai adat istiadat.
  • Pemberdayaan masyarakat yang berwawasan gender ( menciptakan keluarga harmoni dan meningkatkan peran perempuan ditingkat masyarakat ).
  • Membangun system pemerintahan yang bersih serta berorientasi pada pelayanan publik.
  • Mengembangkan potensi desa sebagai potensi unggulan di semua bidang.