Home » » Komisi D Tinjau Progres Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu

Komisi D Tinjau Progres Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu

Written By Abdul Kohar on Friday, June 1, 2012 | 07:59

Komisi D DPRD Provinsi Jawa Barat yang dipimpin oleh Ir. H.M.Q. Iswara melakukan pertemuan dengan pihak PT. Jasa Sarana terkait progress pembangunan jalan Tol Cisumdawu di kab. Sumedang.Pada pertemuan tersebut Komisi D diterima langsung Direktur PT. Jasa Sarana yaitu Soko Sandi Buwono beserta jajarannya.
     Pada rapat tersebut H.M. Iswara menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan kerja yang berkaitan dengan progress jalan Tol Cisumdawu. Iswara mengemukakan pihaknya ingin mendapatkan informasi terkait beberapa kegiatan Infrastruktur yang ditangani PT. Jasa Sarana terutama tentang jalan tol Cisumdawu, BIUTR (Bandung Intra Urban Toll Road) dan Jalan Tol Soroja.
     Menanggapai keinginan tersebut, Direktur Utama PT Jasa Sarana, Soko Sandi Buwono menjelaskan tentang progress 3 ruas jalan toll. Soko menyampaikan pertemuan ini merupakan momentum pertama bagi PT. Jasa Sarana dapat mengexpose 3 ruas jalan tol, karena sebelumnya hanya fokus di Bogorindo Ciawi dan Sukabumi.
     Kegiatan inisiasi 3 ruas jalan tol sebenarnya sudah dimulai dari tahun 2009, dimana PT. Jasa Sarana dipanggil oleh pemerintah Provinsi, agar dapat melakukan upaya-upaya untuk percepatan 3 ruas tol karena merupakan prioritas utama bagi pemerintah pusat.
     Terkait untuk pembebasan lahan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan), PT. Jasa Sarana mengalokasikan dana sebesar Rp. 1,15 Triliun. Proses ganti rugi diperkirakan akan selesai pada akhir agustus 2012.
     ├ó€┼ôKebutuhan dan Lokasi untuk ganti rugi memang besar dan itu mencapai Rp. 1,15 triliun, Jelas Soko, menurutnya, saat ini pembangunan jalan Tol Cisumdawu sudah memasuki tahap awal proses ganti rugi. Pembangunan Cisumdawu dibagi dalam 3 sesi, yaitu sesi pertama meliputi jalur Cileunyi-Tanjungsari, sesi 2 Tanjungsari-Sumedang, dan sesi 3 meliputi jalur Sumedang-Dawuan serta kebutuhan tanah Cisumdawu sekitar 850 Ha.
     Menanggapi penjelasan Direktur Jasa Sarana tersebut, Ketua kom D menjelaskan pula hasil kunjungan ke Departemen Perhubungan dan DPR RI Komisi IV. Kedua Institusi itu melakukan komunikasi terkait dipasal-pasal Peraturan di Kementrian Perhubungan mengenai penggunaan APBN dalam Pembangunan bandara.
     Pada kunjungan tersebut, ketua kom D DPRD Provinsi Jawa Barat Ir. H.M.Q. Iswara mengungkapkan apresiasi terhadap PT. Jasa Sarana, yang telah menyelesaikan progress jalan Tol Cisumdawu. DPRD akan terus mendukung pembangunan Jalan tol melaluli penganggaran APBD sesuai aturan dan kewenangan yang ada agar Jalan Tol Cisumdawu dapat segera diselesaikan


Sumber : DPRD Jabar

Entri Populer

ADMIN BLOG

My Photo

Mengabdi setulus hati dalam rangka mewujudkan Desa Cilayung yang mandiri.