Home » » 3.265 Desa di Sumut Tak Punya Kantor

3.265 Desa di Sumut Tak Punya Kantor

Written By Abdul Kohar on Friday, June 1, 2012 | 08:07

Medan Ternyata, dari 5.228 desa yang ada di Sumatera Utara (Sumut), sebanyak 3.265 di antaranya belum punya kantor desa. Persentasenya mencapai 62 persen.

"Kondisi ini sangat memprihatinkan, padahal kantor desa merupakan fasilitas dasar yang sudah seharusnya dimiliki setiap desa," kata Plt Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho di Medan Kamis (31/5/2012).

Dia berbicara di hadapan 500 Kepala Desa peserta sosialisasi Pemberian Batuan Keuangan Pemprov Sumut kepada Pemerintahan Desa Angkatan II di Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP), Medan.

Terkait masalah tidak ada kantor desa itu, Gatot meminta agar pemerintah kabupaten dan kota memperhatikan keberadaan fasilitas dasar desa itu. Untuk itu surat akan dikirim ke bupati maupun walikota. Gubernur juga akan mengingatkan agar setiap kabupaten dan kota dapat menganggarkan alokasi dana desa yang mencukupi.

Gatot juga mengatakan, pemberian bantuan Rp 50 juta per desa untuk 1.000 desa tertinggal di Sumut yang digagas pemerintah provinsi, merupakan bentuk upaya memajukan desa.

"Kami berharap apa yang dilakukan ini bisa menjadi stimulus dan pemicu, bersama komponen masyarakat membangun desa," ujar Gatot.

Disebutkan Gatot, dari 2.876 desa tertinggal di Sumut, saat ini pihaknya baru dapat mengalokasikan bantuan bagi 1.000 desa. Namun Gatot berjanji akan menganggarkan bantuan bagi 1.876 desa tertinggal lainnya pada Perubahan APBD Tahun 2012.

"Memang di tahun ini baru 1.000 desa dari 2.876 desa tertinggal yang mendapatkan bantuan. Mudah -mudahan, nanti akan dianggarkan sisanya. Semoga mendapat dukungan DPRD," ujar Gatot.

Sumber : detikNews.com

Entri Populer

ADMIN BLOG

My Photo

Mengabdi setulus hati dalam rangka mewujudkan Desa Cilayung yang mandiri.