Home » » Kuda Renggong akan Jadi Maskot Pemilu Kada Sumedang 2013

Kuda Renggong akan Jadi Maskot Pemilu Kada Sumedang 2013

Written By Abdul Kohar on Friday, May 25, 2012 | 22:49

Kuda Renggong bakal menjadi maskot dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Sumedang 2013. Alasan dipilihnya Kuda Renggong, menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumedang, karena kuda renggong sebagai salah satu kesenian asli Sumedang cukup menunjukkan simbol atau identitas Pemilukada Sumedang.
“Dipilihnya Kuda Renggong sebagai maskot Pemilukada juga bisa sejalan dengan semangat menjadikan Sumedang sebagai Puseur Budaya Sunda,” ujar Asep Kurnia, pada acara diskusi dan dengar pendapat dengan seniman kuda renggong, pemangku adat, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta tokoh budayawan, di Aula KPU, Jl. Serma Muhtar, Kamis (24/5).
Menurut Asep, awalnya tim media center KPU mengusulkan empat bentuk maskot yaitu Tahu Sumedang, Lingga, Burung Maningtin dan Kuda Renggong. Namun setelah didiskusikan secara internal di KPU, Kuda Renggong yang dinilai paling cocok dijadikan maskot, karena terkesan lebih hidup, bukan merupakan lambang resmi kabupaten, telah dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat, sehingga lebih mudah dalam “branding” dan sosialisasinya.
“Namun kami merasa perlu mendiskusikan dulu hal ini dengan pemangku adat, seniman Kuda Renggong, tokoh budayawan dan dinas terkait agar kami benar-benar bisa memahami sejarah, filosofis dan nilai-nilai budaya dalam kesenian Kuda Renggong, sehingga maskot ini nantinya benar-benar sesuai dengan tujuan yang diharapkan,” kata Asep.
Asep mengatakan, setelah mendengar dari beberapa pihak terkait dalam diskusi itu, KPU akan menetapkan Kuda Renggong sebagai maskot Pemilukada dalam rapat pleno KPU.
“Maskot ini nantinya bisa juga menjadi bahan pengembangan ekonomi kreatif. Masyarakat bisa membuat boneka, balon, kaos dan lain sebagainya,” kata Asep.
Dalam diskusi tersebut, seluruh pihak menyatakan dukungannya atas rencana KPU tersebut.
Kadisbudparpora Dicky Rubiana menyatakan, rencana KPU tersebut secara tidak langsung bisa mendukung program pariwisata di Sumedang. “Ternyata setelah mendengar dari senimannya secara langsung, kuda renggong itu lebih tangguh dari kuda balap. Sangat tepat bila dijadikan maskot Pemilukada 2013,” ujar Dicky. E-16***

Sumber : Kabar Priangan. com

Entri Populer

ADMIN BLOG

My Photo

Mengabdi setulus hati dalam rangka mewujudkan Desa Cilayung yang mandiri.